Wednesday, 16 October 2013

Mukomuko Politis

Hanura Serahkan Santunan Asuransi
Kepada Ahli Waris Alm Wasimin
POLITIK RM – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Kabupaten Mukomuko, Hermansyah, M.Kom kemarin menyerahkan santunan berupa asuransi kepada  ahli waris kadernya yang meninggal dunia di Desa Sendang Mulyo, Kecamatan Penarik Raya, Manisem. Manisem adalah istri dari almarhum Wasimin, kader Hanura. Saat penyerahan, Hermansyah didampingi oleh Sekretaris Bapillu Hanura Provinsi Bengkulu, Pranyoto Ateng serta disaksikan oleh caleg kabupaten dan caleg provinsi. Dari pihak ahli waris didampingi Kades Sendang Mulyo, Nurali. Penyerahan asuransi ini sebagai pembuktian jika apa yang dijanjikan oleh para petinggi parpol bernomor 10 ini bukan janji semata.
Nurali mewakili pihak keluarga almarhum menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Partai Hanura atas kepeduliannya kepada masyakat, khususnya kader partai. Mudah-mudahan santunan ini dapat meringankan beban keluarga almarhum.
‘’Musibah meninggal dunia tak dipungkiri mengeluarkan biaya yang cukup besar. Karena itu, keluarga almarhum mengucapkan banyak terimakasih atas asuransi dari partai Hanura ini,’’ kata kades.
Sementara Ateng menjelaskan, sebagaimana yang sudah diketahui masyarakat, bahwa Partai Hanura menerbitkan Kartu Kader Penggerak Partai yang berasuransi. Asuransi ini kerjasama antara Partai Hanura Dan MNC Life milik Harry Tanoesudibjo pemilik MNC Group dan juga Cawapres dari Partai Hanura mendampingi Wiranto atau yang lebih dikenal dengan sebutan WIN-HT.
‘’Seluruh kader penggerak partai diasuransikan oleh partai Hanura dengan nilai santunan meningggal karena kecelakaan sebesar Rp 9.000.000, sedangkan apabila penyebab meninggal karena sakit nilai santunannya sebesar Rp 1.000.000. Klaim asuransinya sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Kita menargetkan 200 ribu asuransi se-Provinsi Bengkulu,’’ ungkap Ateng.
Lebih jauh Ateng menjelaskan, sekarang bukan zamannya lagi janji-janji tapi rakyat ingin bukti dan ini telah dibuktikan oleh Hanura baik di tingkat nasional maupun daerah. Seperti diketahui, Partai Hanura dinobatkan sebagai partai terbersih dan bebas dari korupsi berdasarkan survey yang dilakukan.
‘’Hanura tidak akan berkhianat dan hidup mati untuk rakyat, Hanura parpol terbersih dari korupsi, itu fakta yang ada saat ini,’’ tutup pria yang dikenal dekat dengan para wartawan ini.(jar/rls)

Saatnya KPU Bahas Logistik Pemilu
POLITIK RM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko baru saja menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2014, namun bukan berarti tugas KPU untuk saat ini telah usai. Selanjutnya mereka besiap-siap untuk membahas logistik pemilu yang akan digunakan pemilih pada hari pencoblosan mendatang.
Disampaikan oleh salah seorang anggota KPU Mukomuko, Khairanzar, SE untuk DCT belum sepenuhnya kelar, dalam waktu dekat akan mereka paparkan di dalam rapat pleno KPU Provinsi Bengkulu. Selanjutnya mereka masih menunggu petunjuk mengenai pemilih khusus bagi yang belum terdaftar. Namun secara umum sudah selesai. Sekarang mereka tengah mengumpulkan data kebutuhan logistik pemilu dan berbagai kebutuhan lainnya.
‘’Untuk daftar pemilih secara umum sudah kita selesaikan, tinggal menunggu  tahapan lainnya. Yang jelas sekarang persiapan untuk logistik pemilu yang akan digunakan petugas dan pemilih nantinya,’’ ungkap Khairanzar.
Lanjutnya, untuk logistik sendiri pada dasarnya di bawah kendali provinsi, seperti pengadaan kotak suara, bilik suara dan lainnya. Mereka di daerah hanya diminta untuk mempersiapkan kebutuhan seperti pena, kartu nama, pencoblos, lem perekat dan kebutuhan yang sipatnya mudah didapat. Untuk pengadaan sendiri masih lama, sekarang mereka baru sebatas merancang kebutuhan tersebut.
‘’Kita masih merancang kebutuhan logistik, hingga pada saatnya pengadaan tidak sulit dan keliru. Kita tidak terlalu banyak tanggung jawab, sebab banyak yang dihandle sama provinsi,’’ demikian Khairanzar.(jar)

Kualitas Caleg Asal Air Dikit Diragukan
POLITIK RM – Salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Air Dikit, Desa Dusun Baru V Koto, Edwar mengungkapkan keraguannya terhadap kualitas beberapa calon legislatif (Caleg) asal kecamatan tersebut yang bakal maju pada Pemilu 2014 mendatang. Alasan keraguan Edwar usai melihat latar belakang caleg, mulai dari basic pendidikan, pengalaman dan track recordnya selama ini di tengah-tengah masyarakat. 
‘’Terus terang saja, beberapa calon dewan asal Kecamatan Air Dikit untuk DPRD kabupaten membuat kita ragu dan tidak yakin bahwa mereka benar-benar mampu untuk menyalurkan aspirasi rakyat, jika mereka duduk di lembaga dewan nantinya,’’ ungkap Edwar yang merupakan mantan Ketua Karang Taruna.
Edwar menambahkan, pada prinsipnya sebagai perwakilan dari masyarakat, dirinya tidak lagi ingin tertipu dengan janji-janji politik melainkan  lebih kepada bukti. Tak mau terjerat kegagalan kesekian kalinya, dirinya mengarahkan untuk memberi dukungan kepada calon yang dinilai bisa diandalkan. 
‘’Kualitas yang kita harapkan, apakah mereka mampu untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di lembaga dewan terhormat nantinya. Terus terang saja belum ada yang meyakinkan. Lebih baik mempercayakan kepada orang-orang yang telah berpengalaman sebagai wakil rakyat,’’ demikian Edwar.(nek)

Bawaslu Cek Objek Laporan Panwaslu
POLITIK RM – Beberapa waktu lalu anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu turun ke Kabupaten Mukomuko. Tujuannya mengecek setiap objek laporan dari Pengawas Pemilu(Panwaslu) Kabupaten Mukomuko. Diantaranya mengenai dugaan pelanggaran oleh caleg maupun parpol seperti baliho, spanduk dan sebagainya. Juga melakukan pemantauan langsung suasana politik di kabupaten paling ujung Provinsi Bengkulu ini.
Ketua Panwaslu Mukomuko, Muchtadir Munib, SE menerangkan anggota panwaslu ini ingin melihat langsung kondisi di Mukomuko terutama  menelusuri objek laporan yang disampaikan sebelumnya. Alhasil Bawaslu mengakui jika laporan yang diberikan selama ini sesuai dengan fakta yang ada. Sejauh ini proses pelaksanaan pemilu di Mukomuko berjalan sebagaimana mestinya.
‘’Mereka mengecek saja kondisi yang ada di lapangan, semua laporan yang kami sampaikan diakuinya benar dan mereka menilai pada dasarnya proses kampanye di Mukomuko sejauh ini terbilang masih tertib sesuai dengan aturan yang berlaku,’’ ungkap Muchtadir.
Sejauh ini, diklaim Muchtadir sebagian besar parpol maupun caleg di Mukomuko masih patuh. Hingga dalam pantauan mereka yang terakhir spanduk dan juga baliho yang terpasang sebelumnya sudah dibuka dan dirapikan. Ia berharap sampai proses pemilu selesai ketertiban tetap terjaga hingga masyarakat dapat mengikuti pemilu dengan tenang.
‘’Kami pada dasarnya ingin semuanya berjalan dengan tertib, hingga masyarakat bisa tenang. Kalau ada yang melanggar tentu akan kita tindak lanjuti sebagaimana aturan yang berlaku,’’ lanjutnya.
Juga anggota panwaslu lainnya, Padlul Azmi, SH menjelaskan mereka bekerja sesuai dengan petunjuk undang-undang dan setiap pantauan mereka akan dilaporkan ke Banwaslu. Maka pada laporan awal terdapat beberapa jenis pelanggaran, tetapi saat bawaslu turun semuanya sudah tidak lagi terlihat.
‘’Yang penting kita sama-sama menjaga, sebab aturan yang berlaku tujuannya untuk menciptakan suasana pemilu yang tertib dan aman sebagaimana yang dicita-citakan,’’ demikian Padlul.(jar)

Gerakan Caleg Baru Tak Gentarkan Incumbent
POLITIK RM – Belakangan ini calon anggota dewan untuk DPRD Provinsi Bengkulu mulai gencar, terutama caleg baru. Sebut saja diantaranya Ir. Anton Hidayat, M. Rum, H Yusmardi, SH dan sederet nama-nama lainnya. Gerakan mereka ternyata mulai mendapat perhatian dari dari para incumbent yang diketahui juga masuk masih ingin mempertahankan kursi mereka.
Dihubungi, salah seorang incumbent, Ir. Muharamin mengakui jika persaingan untuk calon DPRD Provinsi di Mukomuko sudah mulai lebih  semarak. Namun demikian ia mengaku menuver politik yang dilakukan calon baru ini bukan merupakan ancaman bagi mereka. Bahkan ia menganggap gerakan calon baru tersebut sifatnya spontanitas saja. Mereka sendiri sejauh ini masih fokus menjalankan misi sebagai anggota dewan, yaitu memberi pelayanan dan pembangunan bagi masyarakat.
‘’Kita bersukur ada yang memeriahkan pesta demokrasi ini, kami sendiri sekarang masih fokus menjalankan tugas meski disamping itu kita tetap berupaya menyampaikan kepada warga jika kita kembali maju sebagai calon,’’ kata Muharamin.
Muharamin meyakini jika masyarakat Mukomuko sekarang jauh lebih cerdas dan selektif dalam memilih. Mereka tidak akan mampu diiming-imingi dengan janji ataupun pemberian sesaat dari caleg, tetapi lebih menghargai apa yang sudah diperbuat. Sebagai salah seorang incumbent,  ia merasa sudah melakukan yang terbaik untuk kabupaten ini dengan terus mendatangkan pembangunan yang mengarah kepada kepentingan masyarakat secara umum.(jar)

Pemilih Pemula Belum Punya Pilihan
POLITIK RM – Hari pencoblosan tinggal beberapa bulan lagi, setiap calon juga sudah melakukan banyak hal untuk menarik minat calon pemilih. Namun sejauh ini beberapa perwakilan dari pemilih pemula yang sempat ditanyai mengaku belum punya pilihan dan ketertarikan dengan caleg. Meski demikian mereka tetap mengetahui siapa-siapa saja caleg yang maju sebagai calon anggota dewan saat ini.
Seperti diungkapkan oleh Radi, ia mengaku belum serius memikirkan pemilihan 2014. Meski demikian ia mengenal beberapa calon, bahkan beberapa kandidat dikenalnya dengan baik. Ia berencana baru menetapkan pilihan beberapa saat sebelum pemilihan dikakukan. Satu hal yang pasti ia akan menggunakan hak pilihnya, sebab akan menjadi yang pertama baginya.
‘’Saya akan memilih, sebab ini adalah kali pertama bagi saya, tahun dulu saya tidak memilih karena belum cukup umur. Saya juga belum tahu siapa yang akan saya pilih, nanti sebelum memilih saja saya tentukan,’’ ungkap Radi.
Senada diungkapkan oleh, Pendi menurutnya orang yang akan ia pilih harus orang yang dikenal dan diyakininya mampu menjalankan tugas sebagai dewan setidaknya dilihat dari segi pendidikannya. Karena ia punya jiwa muda maka pilihan kemungkinan jatuh kepada caleg muda pula. Soal godaan untuk memilih dengan pemberian, menurutnya itu akan membingungkan, sebab caleg yang pernah ia hisap rokoknya bukan satu orang saja.
‘’Kalau yang ngasih rokok saya pilih, maka saya mungkin mencoblos lebih dari satu gambar, sebab banyak yang dekat dan sering merokok bersama-sama. Yang jelas kalau memang ada caleg muda yang hebat kita harus dukung,’’ demikian Pendi.(jar)