Saturday, 4 January 2014

Bengkulu Barat 3

Bengkulu Barat Dideklarasikan Minggu Depan
IPUH 24 JAM – Jika tidak ada aral melintang,  minggu depan rencana pembentukan Kabupaten Bengkulu Barat akan dideklarasikan. Berbagai persiapan terus dimatangkan oleh tim rencana pemekaran di lapangan, terutama menyangkut penyatuan visi dan misi menuju daerah otonomi baru ini.  Selain itu dukungan terus mengalir dari berbagai kelompok masyarakat dan juga organisasi. Salah-satunya forum  Serjana Ipuh dan sekitarnya sudah menyatakan kesiapan untuk bergabung dalam gerakan menjadikan Bengkulu Barat sebagai kabupaten baru ini.
Wakil Ketua Umum persiapan pemekaran Bengkulu Barat, Suswandi, SE mengatakan sekarang mereka sedang berjalan ke setiap kecamatan dan desa yang tergabung dalam daerah eks Mukomuko selatan ini. Tujuannya menyatukan visi dan misi ke depan demi terwujudnya kabupaten baru. Ia juga mengakui sejauh ini dukungan terus mengalir dari berbagai pihak dalam berbagai bentuk. Jika tidak ada aral melintang munggu depan deklarsi pertama pembentukan Bengkulu Barat dilangsungkan.
‘’Kalau rencana awal 12 Januari ini kita deklarasikan, sebelumnya sudah dilakukan rapat untuk membahas rencana itu. Namun entah ditunda atau dipercepat belum tahu, yang jelas kita sekarang terus mematangkan persiapan untuk itu,’’ kata Suswandi.
 Suswandi juga meminta masyarakat tidak perlu ragu dan terpengaruh oleh isu adanya wacana pusat menghentikan pemekaran. Semua tergantung kepada masyarakat itu sendiri, kalau sudah bersatu maka tidak ada yang tidak bisa dilalukan. Termasuk mengenai undang-undang desa, sama sekali tidak ada pengaruhnya dengan kebijakan memekarkan daerah. Untuk kesiapan mereka sendiri, pada dasarnya sudah lebih dari cukup untuk membentuk kabupaten baru.
‘’Yang jelas kita yakin kita bisa melakukannya, pemerintah tidak akan menghalangi keinginan dari masyarakat untuk maju,’’ lanjutnya.
Juga tokoh lainnya, Zulfikar mengaku kecewa dengan adanya statemen yang meragukan dukungan dari pemerintah pusat. Ia berharap semua pihak bisa mendukung dan memberi suport untuk terbentuknya Bengkulu Barat ini. Juga masyarakat dari 6 kecamatan ini, seharusnya mengambil sikap pasti terkaiti untuk memberi dukunga, yakinlah dengan kebersamaan tidak ada yang tidak bisa dilakukan kedepannya. Tujuan dari pemekaran demi meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah eks Mukomuko selatan ini.
‘’Kita sayangkan ada yang meragukan, kita harus yakin pemekaran ini akan segera terwujud. Masyarakat harus bersatu memberi dukungan dan melakukan apa yang bisa untuk mencapai tujuan kita,’’ tutup Zulfikar.(jar)

Bengkulu Barat Direstui DPD
IPUH 24 JAM – Tim perencana pemekaran Bengkulu Barat semakin matang dalam mewujudkan terbentuknya daerah otonomi baru. Selain pergerakan di tingkat bawah, ternyata para tokoh asal daerah Bengkulu Barat yang ada di Jakarta dan berbagai daerah lainnya juga sudah mengambil langkah lebih maju. Mereka tinggal menunggu semua persiapan dibawah kelar dilakukan, maka proposal rencana pemekaran akan langsung masuk ke DPR RI dan Pemerintah pusat. Bahkan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Bengkulu secara langsung sudah mendatangi Sekretariat Bengkulu Barat di Ipuh dan menyatakan dukungan mereka. Jika tidak ada aral melintang dalam waktu dekat segera dibetuk Sekretariat Pemekaran Bengkulu Barat di Jakarta.
Waka umum persiapan pemekaran Bengkulu Barat, Suswandi, SE yang pernah menjabat anggota DPRD Bengkulu Utara 2 periode menyatakan, beberapa waktu lalu, DPD telah mengunjungi wilayah Bengkulu Barat, mereka sangat mendukung dan siap membuka jalan bagi tim pemekaran di pusat. Selain itu juga beberapa tokoh Bengkulu Barat di Jakarta saat ini tinggal menunggu laporan dari daerah untuk mengajukan proposal pemekaran ke pemerintah RI.
‘’Semua tergentung persiapan kita saja, untuk tingkat pusat hanya menunggu. Semua pihak sudah bertemu dan sepakat Bengkulu Barat segeran menjadi Kabupaten baru pemekaran dari Kabupaten Mukomuko,’’ kata Suswandi.
Jika tidak ada halangan, bulan Januari mendatang, akan dilaksanakan pertemuan yang melibatkan semua unsur dan masyarakat yang menepati eks Mukomuko selatan. Puncak dari acaranya, deklarasi presidium pemekaran sekaligus pernyataan sikap secara terang-terangan. Besar kemungkian para tokoh pusat akan dilibatkan dalam pertemuan akbar tersebut. Mereka juga terus berkoordinasi dengan semua elemen untuk persiapan dan tinjauan langsung ke lapangan.
‘’Tidak sedikit tokoh asal 6 kecamatan ini di luar, mereka sudah menunggu kita, ingat kita tidak berjuang sendiri untuk membentuk Bengkulu Barat ini. Januari deklarasi presidium pemekaran sudah dilakukan,’’ tutupnya.(jar)