Tuesday, 10 June 2014

Membaca Isu ‘’Palamak Ota’’ Menyambut Pilbup 2015

Oleh : Amris Tanjung - Wartawan

Tokoh-Tokoh Yang Berpeluang Diusung Untuk Cawabup
TAK dipungkiri, meski Pemilihan bupati (Pilbup) baru dilangsungkan pada 2015 mendatang, namun isunya sudah mendengung kencang. Tak hanya dilingkungan politisi semata, bahkan sudah menyusup ke berbagai pelosok dan kelompok massa di Kabupaten Mukomuko. Isu paling hangat adalah  terkait dengan calon yang akan berlaga pada saatnya nanti. Selain calon bupati, calon wakil bupati juga menjadi perbincangan panas. Ada beberapa tokoh Mukomuko, yang dianggap berpotensi dilirik menjadi pendamping bupati mendatang. Namun masih sebatas isu ‘’palamak ota’’ semata, tanpa ada penelitian atau survey yang mendalam.
Siapa saja mereka? Berikut catatan Crew Radar Mukomuko berdasarkan isu ditengah masyarakat. Pertama H. Yusmardi, SH Waka 1 DPRD Mukomuko selain sukses menjabat 2 periode di DPRD Mukomuko. Yusmardi juga diperkirakan dapat mewakili Dapil 2 dan warga pribumi untuk meraup dukungan. Artinya calon bupatinya harus dari kelompok jawa atau non pribumi. Kedua Burhandari, S.Pd, M.Si asal Dapil 3, pernah menjabat sebagai anggota dewan Mukomuko dan sekarang aktif sebagai anggota DPRD Mukomuko. Bahkan periode sebelumnya nama Burhandari sempat disebut-sebuat sebagai salah satu kandidat kuat calon bupati.
Ketiga Drs. Arnadi Pelam ketua DPRD Mukomuko, namanya sudah tidak asing, lantaran sukses memimpin DPRD selama 1 peiode hingga sekarang. Selanjutnya nama Ir. Nurlina Zamdial, M.Si, ia dianggap layak mewakili kaum hawa di ‘’kapuang sakti ratau batuah’’ ini. Selanjutnya nama Mujiono, S.Ip politisi PDIP yang baru saja memenangi pemilu  untuk DPRD Provinsi Bengkulu. Dari Lubuk Pinang sendiri ada ketua DPC PKB, Adrizon yang juga masih aktif sebagai anggota DPRD Mukomuko. Berikutnya Agus Harvinda, ST. M.Si letua KNPI Mukomuko, ia bisa diusung untuk mewakili kaum muda di Mukomuko.
Selain nama-nama ini, juga banyak sosok lain yang dianggap berpotensi dan pernah diisukan untuk menjadi pendamping. Seperti Ir. Anton Hidayat, politisi Hanura, Ketua DPD II Golkar Ali Saftaini,SE, Bambang Aprido, S.Pt, Rifai Amir, Antoni Sitorus, bahkan salah seorang petinggi TNI di Mukomuko juga tak lepas diisukan dilirik sebagai pendamping. Termasuk beberapa pejabat teras dan pensiunan pejabat lainnya dikait-kaitkan dengan Pilbup ini.
Namun semua ini baru sebatas isu ‘’Palamak Ota’’ dengan dasar non pelitian atau survey. Namun tidak menutup kemungkinan, diantara mereka sudah punya niat dan betul-betul diusung, sebagai wakil bupati bahkan maju sebagai calon bupati Mukomuko. Sebab politik selalu berakar dari sebuah isu dan opini yang berkembang di pablik. Yang jelas semua orang punya akuran tersendiri, juga masyarakat punya dasar kuat, bila menginginkan sesuatu.(**)

Ichwan Umumkan Wabup BS Sebagai Pasangan

 
Maju Pilgub Didukung Penuh Wakil Bupati Kepahiang
LUBUK PINANG – Akhirnya Bupati Mukomuko Drs. H Ichwan Yunus, CPA, MM, yang digadangkan maju untuk calon Gubernur Bengkulu mengumumkan calon wakilnya. Yaitu selaku pendamping dirinya kelak adalah Dr. Drh. H Rohidin Mersyah, MMA, Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS). Selain itu dalam kunjungannya ke Posko pemenangan Ichwan For Gubernur di Kecamatan Lubuk Pinang Sabtu (7/6), Ichwan juga mengklaim sudah mendapat dukungan penuh dari Wakil Bupati Kepahiang, Bambang Sugianto, SH, MH.
‘’Sebagai wakil gubernur, kita sudah ada kesepakatan dengan wakil Bupati Bengkulu Selatan. Wakil bupati kepahiang juga sudah menyatakan kesiapannya untuk menjadi koordinator kemenangan saya,’’ tegas Ichwan.
Dihadapan para relawannya yang tengah menggebu-gebu, Ichwan sempat mengungkapkan rasa kekecewaannya terhadap Warga Kabupaten Mukomuko, yang ada di Kota Bengkulu. Pasalnya hingga saat ini belum ada respon positif dari mereka terhadap pencalonannya sebagai Gubernur Bengkulu.
‘’Yang belum ada respon sama sekali justru masyarakat Mukomuko ini yang ada di Kota Bengkulu,’’ ungkap Ichwan.
Kordinator tim relawan, Jamaris, yang akrab dipanggil Ayang, mengatakan pihaknya siap untuk mengantarkan Ichwan menjadi gubernur. Tim relawan menargetkan suara 90 persen untuk Ichwan di Mukomuko. Target ini dinilai sangat logis, karena Icwan satu-satunya calon dari Mukomuko.
‘’Kita akan ciptakan sejarah baru di Provinsi Bengkulu yakni, dengan menjadikan putra Mukomuko menjadi Gubernur,’’ ujar Ayang.
Ketua Ikan Keluarga Rejang (IKR) Siswanto, S.Pd juga menyampaikan dukungannya kepada Ihcwan Yunus. Adapun alasannya, selama dua periode memimpin Mukomuko, dinilai berhasil membawa kemajuan yang cukup pesat.
‘’Selama menjadi bupati bapak (Ichwan, red) cukup berhasil, kalau beliau terpilih menjadi gubernur akan memberikan kontribusi lebih, untuk melanjutkan program pembangunan yang sudah dirintisnya,’’ demikian Siswanto.(dul)


Bupati Pimpin Timses Prabowo-Hatta
Partai Demokrat Diikutkan 
METRO – Kemarin, bertempat di salah satu hotel ternama, tim pemenangan pasangan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subainto dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Hatta Rajasa Kabupaten Mukomuko dideklarasikan. Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD-PAN) Mukomuko, Drs. H Ichwan Yunus, CPA, MM ditetapkan sebagai ketua umum Timses Prabowo – Hatta. Sementara selaku ketua harian dijabat oleh akademisi Bodi Rahmat Santosa, SH.
Sementara untuk wakil ketua adalah para pimpinan partai pengusung pasangan nomor urut 1 ini. Sekaligus ditetapkan, sekretariat DPC PAN Kabupaten Mukomuko yang terletak di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko, sebagai sekretariat pusat pemenangan Prabowo - Hatta. Rapat antar pengurus partai pengusung ini sendiri sempat molor beberapa jam dari jadwal semula.
Acara deklarasi berlangsung meriah dan penuh semangat, masing-masing ketua Partai secara bergantian memberikan pidato politiknya. Dari setiap pidatonyanya, hampir sama, mereka sepakat memenangkan pasangan Prabowo – Hatta di Mukomuko dengan target suara 70 hingga 90 persen. Namun anehnya, walau secara nasional, belum ada kepastian dukungan dari Demokrat, logo partai Demokrat masuk dalam barisan partai pengusung yang ada di spanduk.
‘’Marilah kita saling bahu membahu untuk memenangkan Capres Prabowo-Hatta. Selaku partai pengusung, partai Gerindara dari DPC hingga Pengurus ranting siap memenagkan probowo-Hatta 70 persen,’’ ujar Basendri.
Bupati, sendiri dalam sambutannya merasa yakin pasangan presiden nomor 1 ini akan menang di Mukomuko. Kuncinya adalah kerjasama tim antar partai pengusungnya. Bup yakin dengan menangnya pasangan ini, maka Bangsa Indonesia akan lebih dihormati Negara lain dan kemajuan juga akan tercapai.
‘’Mari kita bersama-sama dan berdoa memenangkan pasangan Prabowo – Hatta di Kabupaten Mukomuko,’’ kata Bup.
Selaku Akademisi Bodi, menyampaikan alasanya mengapa mendukung Prabowo-Hatta. Bodi mengatakan sebelum menentukan pilihan Bodi sudah membaca profil masing-masing kandidat Capres. Menurutnya semua calon memiliki kelebihan dan kekurangan, semuanya layak menjadi presiden. Melihat kondisi Negara saat ini, Bodi menilai akan lebih tepat jika Negara ini dipimpin oleh presiden yang berkarakter seperti Prabowo. Dengan dideklarasikannya tim pemengan ini Bodi berharap semua bisa saling bekerja sama untuk satu tujuan yakni memenangkan Prabowo-Hatta. Dengan kerja sama maka target kemenangan 70 persen akan dapat diwujudkan.
‘’Semua kandidat bagus, tapi keadaan Negara sekarang ini perlu pemimpin yang tegas. Kalau presidennya blusukan terus tidak cukup 10 tahun untuk menjelajahi Indonesia. Dengan prabowo menjadi presiden maka dunia internasional tidak bisa lagi memandang Indonesia dengan sebelah mata,’’ papar Bodi.(dul)

Kumpulkan Syarat Independen, Relawan Ichwan Bergerilya
V KOTO – Selain sudah menetapkan Dr. Drh. H Rohidin Mersyah, MMA, Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS) sebagai pendampingnya, Drs. H Ichwan Yunus, CPA, MM juga dipastikan maju melalui jalur independen. Hal ini dibutikan mulai dikerahkan para relawannya untuk mengumpulkan dukungan berupa poto copy KTP.
Dalam kunjungan kerjanya bersama seluruh Kades yang ada di wilayah Kecamatan V Koto kemarin. Ichwan memberi intruksi kepada relawannya untuk menggalang dukungan maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) periode 2015-2020. Jumlah KTP yang dibutuhkan tidak sedikit, yaitu mencapai 70 ribu lembar yang diambil dari seluruh Kabupaten - Kota di Provinsi Bengkulu.
‘’Salah satu syarat, maju melalui jalur independen kita memerlukan setidaknya 60 ribu sampai 70 ribu KTP. Saya minta bantu dengan semuanya untuk mengumpulkan KTP,’’ ujar Ichwan.
Usai kunjungan kerja, orang nomor wahid ini juga kembali meresmikan 2 posko relawan Ichwan For Gubernur. Yaitu di Desa Lalang Luas Kecamatan V Koto dan Desa Agung Jaya Kecamatan Air Manjuto. Dihadapan relawannya, bupati kembali menyampaikan alasannya untuk maju sebagai calon Gubernur. Diantaranya rendahnya jatah pembangunan jalan provinsi di Mukomuko juga untuk pembangunan infrastruktur pertanian lainnya.
‘’Kalau kita sudah menang, maka salah satu yang harus dilakukan adalah mendorong pendanaan pembangunan wilayah Mukomuko yang semestinya menjadi beban provinsi. Kita juga mendirikan PLTU untuk mengakhiri krisis listrik di Mukomuko,’’ ujar Ichwan.
Ketua forum Kades Dasriman, mengatakan kesiapanya mendukung Ichwan untuk maju dalam Pilgub mendatang. Dengan harapan jika Ichwan berhasil menjadi gubernur akan ada perhatian lebih dari pemerintah provinsi dengan Kabupaten Mukomuko.
‘’Saya atas nama ketua forum Kades Kecamatan V Koto, mendukung sepenuhnya Pak Ichwan untuk maju menjadi calon gubernur. Setelah terpilih menjadi gubernur, kami berharap ada pembangunan jalan provinsi yang menghubungkan kecamatan V Koto dengan Kecamatan Penarik yang melalui Kecamatan Teramang Jaya,’’ ujar Dasriman.
Ketua Koordinator relawan untuk Kecamatan V Koto, Aman Zikri memasang target kemenangan 95 persen bagi Ichwan untuk Kecamatan V Koto. Alasannya, selama kepemimpinan Ichwan di Mukomuko, kemajuan sangat terasa dan pelayanan publikpun sangat mudah.
‘’Kita berharap pak Ichwan menjadi Gubernur, hingga Mukomuko mendapat perhatian yang lebih dari Provinsi, ia jelas sudah mengetahui kebutuhan Mukomuko,’’ tutupnya.(dul)