Friday, 26 June 2015

Pemilih Pilkada 125 Rb Jiwa, Kecamatan Penarik Terbanyak


//Berdasarkan DP4 dari Kemendagri
METRO – Sebagaimana prediksi sebelumnya, terjadi perubahan jumlah pemilih di Kabupaten Mukomuko pada Pilkada kelak. Berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pilkada, mata pilih di Mukomuko sebanyak 125.514 jiwa. Jumlah ini berpotensi berkurang atau bertambah setelah dilakukan pencocokan oleh petugas. Pada Pileg lalu, DP4 tercatat 122 ribu pemilih, setelah dicocokkan menjadi 119 ribu lebih pemilih.
Untuk penyebaran pemilih per kecamatan, terbanyak ada di Kecamatan Penarik dengan total 15.502 jiwa potensi pemilih. Selanjutnya Kota Mukomuko 12.565 jiwa dan Ipuh 12.011 jiwa. Untuk pemilih paling sedikit di Kecamatam Malin Deman dengan total 4.878 potensi pemilih dan di Air Dikit dengan 4.943 jiwa pemilih sementara dan V Koto dengan 5.225 jiwa.
Ketua KPU Mukomuko, Dawud,S.Ag mengakui saat ini DP4 sudah mereka terima dari KPU pusat. Sistem saat ini berbeda dengan sebelumnya, dimana DP4 dari Kementrian dalam negeri. Sebelumnya DP4 dari pemerintah daerah yang diserahkan ke KPU daerah.
‘’Kita sudah menerima DP4 dari pusat, memang data awal jumlah potensi pemilih meningkat dari sebelumnya. Namun jumlah ini baru sementara, bisa jadi berkurang atau bertambah, sebab akan dicocokkan dulu, sebelum menjadi DPS hingga DPT,’’ kata Dawud.
DP4 yang ada baru mereka terima, untuk selanjutnya KPU akan mempersiapkan segala sesuatu untuk pencocokan kembali. Dimana akan dibentuk petugas khusus yang akan mendatangi setiap rumah. Dalam hal ini melibatkan PPK dan PPS. Untuk menghindari ada hal-hal yang mencurigakan, kegiatan pendataan pemilih akan mendapat pengawalan ketat dari Panwaslu.
‘’Prosesnya cukup panjang, namun kita yakin bisa selesai sesuai jadwalnya. Setiap tahapan bakal diawasi oleh petugas dari Panwaslu, untuk menghindari kesalahan,’’ tuturnya.
Kepala Defisi data dan keuangan, Ramadhan Gusti,S.IP juga mengatakan daftar pemilih belum ada, sekarang baru penduduk yang berpotensi memilih. Kemungkinannya DPT Pilkada, bisa melebihi dari data ini  atau berkurang. Untuk memastikan data ini sesiai, maka dilakukan pencocokan lagi. Jangan sampai ada warga yang sudah pindah atau meninggal masih terdaftar sebagai pemilih.
‘’Untuk DPT kita belum bisa prediksikan, yang jelas dasar awal penetapan DPT adalah DP4,’’ tutupnya.(jar)

Bakal Calon Bupati Belum Pasti
//Jadwal Pendaftaran 1 Bulan Lagi
METRO – Sesuai dengan jadwal, yang tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang tahapan Pilkada. Tahapan pendaftaran calon kepala daerah akan digelar 26-28 Juli 2015. Artinya terhitung dari besok, 1 bulan lagi bakal calon bupati dan wakil bupati Mukomuko akan ke KPU menyerahkan berkasnya. Namun yang jadi pertanyaan, siapa pasangan calon bupati sebenarnya?.
Jika berdasarkan klaim dan isu yang dikembangkan, ada beberapa nama bakal calon bupati ataupun wakil bupati yang muncul. Seperti H.Sapuan,SE,Ak,MM,CA, Choirul Huda,SH, Ir.Wismen A Razak, Andy Suhary,SE,M.Pd, Ir. Gafrie Zainuddin dan Burhandari,S.Pd,M.Si. Untuk wakil ada nama, Mujiono,S.IP, Dedy Kurniawan,S.Sos, Haidir,S.IP dan nama lainnya. Namun hingga sekarang isunya, belum ada 1 yang memenuhi syarat, 20 persen kursi partai politik (Parpol). Sebab partai masih tarik ulur dalam memberi mandat kepada kandidat untuk mencalonkan diri.
Salah seorang tokoh Mukomuko, H. Hamdani Makir,SH,M.Hum mengatakan seharusnya sekarang calon sudah miliki dukungan dari partai dan menentukan pasangannya. Nama-nama yang muncul saat ini belum bisa dipastikan maju dan dipastikan tidak akan maju seluruhnya sebagai calon bupati. Sesuai jumlah partai paling banyak calon bisa diusung hanya 4 pasang saja. Bahkan ia masih yakin calon bupati paling banyak hanya 3 pasangan.
‘’Kalau nama-nama yang ada sekarang dipastikan ada yang gagal maju, karena partai terbatas. Seharusnya sekarang semuanya sudah jelas, tapi tampaknya masih tarik ulur dari partai,’’ katanya. 
Masih disampaikannya, dengan keadaan sekarang akan banyak kejutan-kejutan menjelang pendaftaran kelak. Calon yang sudah begitu semangat bisa gagal, karena tidak ada partai, tidak menutup kemungkinan muncul calon lain yang mendapat partai. Pilkada kali ini juga banyak perubahan dibanding sebelumnya, terutama pengaturan kampanye calon.
‘’Kalau kita melihat isu yang ada, bisa jadi calon kuat tidak mendapat partai nantinya. Yang jelas saya melihat Pilkada kali ini banyak perbedaan,’’ tuturnya.
Ketua KPU Mukomuko, Dawud,S.Ag membenarkan pendaftaran pasangan calon bupati dilakukan pada 26 juli nanti. Untuk syarat dan ketentuan lain, diatur dengan rinci dalam PKPU, termasuk mendapat dukungan dari partai politik bagi setiap calon, kecuali untuk perorangan.
‘’Sesuai jadwal penyerahan berkas pendaftaran pasangan calon bupati dilakukan pada 26 juli nanti. Untuk ketentuan sudah diatur dalam undang-undang, termasuk wajib mendapat dukungan dari 20 persen kursi partai di DPRD,’’ ungkapnya.

Wednesday, 24 June 2015

Gandeng Ustad, Sapuan Gelar Safari Ramadhan


METRO – Diam-diam H. Sapuan,SE,Ak,MM,CA sejak beberapa hari lalu, sudah berada di Mukomuko. Bahkan bersama seorang ustad  yang didatangkannya dari luar daerah, Sapuan bentuk tim safari Ramadhan. Dimana setiap malam tim safari yang dipimpinnya menggelar tarawih keliling sekaligus ceramah ke masjid-masjid. Rencananya kegiatan safari akan dilakukan selama 20 malam, selanjutnya ia akan balik ke Jakarta dan akan kembali ke Mukomuko jelang lebaran kelak. Menurut pengakuannya, kegiatan ini dalam rangka menjalin silaturahmi dengan masyarakat sekaligus untuk memberi siraman rohani kepada masyarakat pada bulan yang penuh berkah ini.
Dikatakan Sapuan, sudah beberapa malam ia mulai keliling, malam kemarin di masjid Desa Bunga Tanjung dan selanjutnya ke masjid-masjid lain. Ia menolak, jika disebut-sebut kegiatan ini, ada hubungannya dengan persiapannya untuk maju pada Pilkada kelak. Tujuan awalnya untuk silaturahmi dan mengawani tim dakwah yang kebetulan bersamanya.
‘’Masa dihubung-hubungkan, kita tulus saja beramal pada bulan Ramadhan ini, masyarakat kita beri pandangan tentang keagamaan melalui ustad yang kita ajak. Memang kadang ada tanya jawab dari masyarakat, tentu kita harus layani,’’ kata Sapuan.
Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan selama 20 malam, selanjutnya akan kembali ke Jakarta. Oleh karena itu, tidak mungkin bagi dirinya bisa mendatangi seluruh masjid yang ada di Mukomuko. Ia menggunakan sistem acak, untuk pertama 1 masjid per kecamatan. Kedepan dalam waktu berbeda tentu ia berniat mengunjungi seluruh masjid di Mukomuko.
‘’Karena waktu singkat, kita tidak bisa seluruh desa, hanya beberapa masjid saja, kedepan tentu kita berniat mendatangi semua warga,’’ tutunya.
Menyangkut dengan kesiapannya untuk mendeklarasikan diri sebagai calon bupati, Sapuan mengaku sudah sangat siap. Partai seluruhnya sudah jelas dan tinggal melakukan persiapan penetapan pendamping. Rencannya setelah lebaran akan dijelaskan ke publik.
‘’Kita sudah siapkan segala sesuatunya dengan matang, insyaallah segera kita sesuaikan. Yang jelas sesuai rencana awal, kita berupaya semampunya,’’ tutupnya.(jar)

Burhandari Samai Level SPN dan Huda
//Hasil Survey Internal
POLITIK RM – Burhandari,SE,M.Si belum mau berkomentar banyak soal informasi, PKS sudah mengusung Andy Suhary,SE,M.Pd sebagai calon bupati. Namun diam-diam, selama ini Burhandari juga memiliki tim survey internal. Hasil surveynya sedikit berbeda dari yang di hasikan PKS sebagaimana disampaikan Andy. Adapun hasil survey internal Burhandari, dari 7.500 responden yang ditanyai, dukungan pada dirinya menyamai elektabilias Sapuan,SE,Ak,MM,CA dan Choirul Huda,SH. Hasil lain dari survey yang dilakukannya, sebagian besar masyarakat menginginkan dirinya berpasangan dengan Choirul Huda.
Dikatakan Burhandari, untuk informasi dari partai ia belum mengetahui karena itu wewenang parpol. Namun dari hasil survey internal yang ia lakukan, dukungan masyarakat cukup tinggi. Dimana saat ini elektabilitasnya menyamai Huda dan SPN. Dan yang lebih mengejutkannya, ternyata sebagian besar masyarakat menginginkan dirinya berpasangan dengan Huda.
‘’Soal keputusan partai, itu urusan partai, kita belum bisa jelaskan. Yang jelas berdasarkan hasil survey internal, masyarakat ingin saya maju berpasangan dengan Huda,’’ tuturnya.
Lanjutnya, untuk saat ini ia masih tetap yakin akan maju pada Pilkada kelak. Karena selain di PKS, Burhandari juga mengajukan lamaran ke beberapa partai lainnya. Selain itu, ia juga belum menerima kopian SK resmi dari PKS.
‘’Sekarang belum bisa dijelaskan, yang jelas kita tetap berjuang, mudahan diusung untuk maju,’’ tutupnya.(jar)



Maju Pilbup, Gafrie Semakin Kokoh

POLITIK RM – Langkah Ir. Gafrie Zainuddin menuju pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Mukomuko semakin matang. Selain sudah mengantongi persetujuan dari Partai Amanat Nasional (PAN), mantan Caretaker Bupati Mukomuko ini juga menerima SK pengusungan dari 3 partai lagi. Jika ini terlaksana, artinya Gafrie akan mendapat dukungan 10 kursi dewan.
Dihubungi via telepon, Gafrie mengaku sekarang masih menunggu turunnya SK dari 2 partai lagi, karena ada 2 parpol sudah positif. Untuk syarat mendaftar ke KPU sebetulnya sudah cukup, namun ia tidak ingin hanya sebatas itu. Targetnya ada 3 atau 4 partai yang akan mengusungnya kelak. Karena semakin banyak partai, maka langkahnya menuju kemenangan makin mudah, serta pemerintahannya juga semakin kuat.
‘’Kita masih menunggu SK dari 2 partai lagi, insyaallah segera jelas, karena kita ingin umumkan serentak kepada masyarakat kelak dengan dihadiri oleh seluruh petinggi dan kader partai pengusung,’’ ungkapnya.
Untuk jadwal deklarasi atau diumumkannya pasangan sekaligus partai, Gafrie  belum bisa jelaskan, yang pasti sebelum lebaran ia sudah ada di Mukomuko  untuk persiapan lebih lanjut. Artinya ada peluang deklarasi dilakukan sebelum lebaran atau beberapa hari setelahnya. Bersamaan dengan itu, ia juga akan memulai sosialisasi lebih terbuka lagi kepada masyarakat.
‘’Tenang saja, sebentar lagi setelah semuanya jelas kita balik ke Mukomuko dan persiapan deklarasi. waktunya bisa jadi sebelum lebaran atau beberapa hari setelahnya,’’ tutupnya.(jar)



Tuesday, 23 June 2015

PKS Usung Andy Suhary, NasDem Kukuhkan Wismen

METRO – Akhirnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menetapkan Calon Bupati Mukomuko periode 2016-2021. Sosok yang dianggap paling layak memimpin ‘’kapuang sakti ratau batuah’’ ini adalah Andy Suhary,SE,M.Pd. Hampir bersamaan Partai NasDem juga sudah mengeluarkan SK resmi penobatan Ir. Wismen A Razak sebagai calon Bupati Mukomuko. Putusan ini tertuang dalam SK Nomor 048-kpts/DPP-NasDem/VI/2015 tentang persetujuan pencalonan Bupati dan wakil bupati Mukomuko. Surat langsung ditandatangi Ketua Umum NasDem, Surya Paloh dan Sekjen Patrice Rio Capella.
Berdasarkan hasil survey tim internal PKS, Ketua DPD PKS sekaligus ketua fraksi pembangunan keadilan DPRD Mukomuko, Andy paling dipilih masyarakat dibanding dengan calon lainnya. Kabarnya SK pengusungan Andy yang sempat disebut-sebut sebagai jagoan ‘’cendana’’ ini sudah berada di tangan Dewan Pengurus Wilayah(DPW) PKS Provinsi Bengkulu. Sementara SK penobatan Wismen oleh PKS sudah dipegang yang bersangkutan dan DPD NasDem Mukomuko.
Diminta keterangannya, Andy mengakui kabar ini, namun ia sendiri belum menerima SK penetapan calon tersebut. Mengenai hasil survey internal PKS diakuinya, ada beberapa nama yang di survey, termasuk seluruh bakal calon-calon Bupati Mukomuko lainnya. Hasil dari survey, andai Pilkada sekarang maka dirinya berpeluang menang di Dapil I, juga di dapil 3 dimenangi oleh kader PKS.
‘’Kabarnya memang kita dipercaya oleh partai untuk maju pada Pilkada kelak, tapi SK nya masih di DPW. Penetapan ini berdasarkan hasil survey, saya sendiri heran, dimana dari survey internal partai ini, nama saya paling tinggi dukungannya,’’ kata Andy.
Terkait dengan persiapannya untuk serius mencalon, setelah mengantongi mandat dari PKS, Andy mengaku terus dilakukan. Sekarang dalam tahap lobi dengan beberapa partai lainnya. Peluang cukup terbuka, setelah mendapat mandat  dari PKS, karena ini adalah kunci utamanya. Soal partai yang berpeluang mengusungnya, ada Gerindra, PAN, PKPI dan beberapa partai lainnya.
‘’Kalau saya lihat sekarang, peluang masih cukup besar. Semua partai belum ada yang menetapkan calon. Seperti ada Gerindra, PAN dan PKPI, ini partai besar, dengan posisi masih kosong calon,’’ tuturnya.
Wismen juga menegaskan jika NasDem sudah menurunkan SK resmi pengusungan dirinya sebagai calon bupati. Sebetulnya dari awal sudah dipastikan, namuan SK resmi  baru keluar kemarin. Dengan ini ia semakin kokoh dan optimis menghadapi Pilkada kelak.
‘’SK resmi baru saja keluar, sebetulnya kepastian kita diusung sudah lama, masa partai sendiri saja tidak dukung. Sekarang SK resmi sudah di tangan dan juga disampaikan ke DPD NasDem,’’ tutupnya.(jar)

Maju Pilbup, Gafrie Semakin Kokoh
POLITIK RM – Langkah Ir. Gafrie Zainuddin menuju pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Mukomuko semakin matang. Selain sudah mengantongi persetujuan dari Partai Amanat Nasional (PAN), mantan Caretaker Bupati Mukomuko ini juga menerima SK pengusungan dari 3 partai lagi. Jika ini terlaksana, artinya Gafrie akan mendapat dukungan 10 kursi dewan.
Dihubungi via telepon, Gafrie mengaku sekarang masih menunggu turunnya SK dari 2 partai lagi, karena ada 2 parpol sudah positif. Untuk syarat mendaftar ke KPU sebetulnya sudah cukup, namun ia tidak ingin hanya sebatas itu. Targetnya ada 3 atau 4 partai yang akan mengusungnya kelak. Karena semakin banyak partai, maka langkahnya menuju kemenangan makin mudah, serta pemerintahannya juga semakin kuat.
‘’Kita masih menunggu SK dari 2 partai lagi, insyaallah segera jelas, karena kita ingin umumkan serentak kepada masyarakat kelak dengan dihadiri oleh seluruh petinggi dan kader partai pengusung,’’ ungkapnya.
Untuk jadwal deklarasi atau diumumkannya pasangan sekaligus partai, Gafrie  belum bisa jelaskan, yang pasti sebelum lebaran ia sudah ada di Mukomuko  untuk persiapan lebih lanjut. Artinya ada peluang deklarasi dilakukan sebelum lebaran atau beberapa hari setelahnya. Bersamaan dengan itu, ia juga akan memulai sosialisasi lebih terbuka lagi kepada masyarakat.
‘’Tenang saja, sebentar lagi setelah semuanya jelas kita balik ke Mukomuko dan persiapan deklarasi. waktunya bisa jadi sebelum lebaran atau beberapa hari setelahnya,’’ tutupnya.(

Relawan Ichwan Belum Nyerah
METRO – Surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, nomor 22/kpts/kpu-prov/007/2015 tentang pasangan calon Gubernur Perorangan tidak memenuhi syarat, terus digugat oleh tim Ichwan Yunus – Rahmad Alfi. Namun hingga kemarin, belum membuahkan hasil yang menggembirakan, karena tim relawan dengan KPU masih berbeda pandangan. Rencananya hari ini, relawan Ichwan akan menghadirkan beberapa orang saksi ke markas Banwaslu.
Ketua posko relawan Ichwan Provinsi Bengkulu, Asra, S.Sos.I mengatakan sekarang semunya belum jelas, pihaknya sudah berulang kali diminta keterangan oleh Banwas. Kemarin sempat berlangsung pertemuan antaran tim relawan dengan KPU yang difasilitasi Banwas, namun hasilnya juga belum ada, karena masing-masing masih berbeda pandangan.
‘’Besok (hari ini red) kita akan hadirkan beberapa orang saksi ke Banwaslu, karena pertemuan sebelumnya tidak menghasilkan apa-apa. Adapun saksi yang kita datangkan adalah saksi tim yang hadir di saat verfikasi di KPU,’’ ungkapnya.
Lanjutnya, tim sangat keberatan dengan keputusan tidak memenuhi syarat oleh KPU. Karena mereka sudah menyerahkan sebanyak 215 ribu lebih dukungan, sedangkan yang diminta KPU sesuai dengan ketetapan adalah lebih kurang 192 ribu dukungan. Artinya ada kelebihan mencapai 20 ribu lebih. Persoalan paling mendasar lainnya, KPU tidak menghitung dukungan yang tidak ditanda tangani, kemudian menganggap TMS dukungan dari PNS.   
‘’Ada 7 poin yang kita sampaikan di dalam laporan ke Banwas, karena kita menganggap itu sah. Kok bisa, hanya kurang lebih 174 ribu yang sah, padahal kita menyerahkan dukungan melebihi kebutuhan,’’ tuturnya.
Terkait peluang Ichwan – Rahmad bisa ditetapkan sebagai calon Gubernur, Asra mengaku sangat optimis, sekarang semuanya masih dalam tahapan ke arah sana. Apalagi KPU sudah memberi ruang waktu untuk penyelesaian masalah yang ada. Ia minta kepada relawan, pendukung dan masyarakat untuk tidak melemah menghadapi pemilihan Gubernur nanti, beberapa hari kedepan Ichwan akan ditetapkan sebagai calon tetap.
‘’Kita masih sangat yakin, maka kepada relawan di daerah, pendukung dan masyarakat sabar menunggu. Kita masih berjuang, mudah-mudahan pasangan calon independen satu-satunya Ichwan-Ramhad ditetapkan sebagai calon Gubernur,’’ tutupnya.(jar)