Monday, 23 May 2016

Try Out PDI Perjuangan Mukomuko Diikuti Ratusan Siswa


METRO – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Mukomuko sukses menyelenggarakan Try out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Acara yang diselenggarakan di gedung serbaguna Kecamatan Kota Mukomuko Sabtu (21/5) lalu diikuti 160 orang calon pelamar PTN. Segenap petinggi PDI Perjuangan Mukomuko tampak hadir, diantaranya ketua DPC PDI Perjuangan, Dedy Kurniawan,S.Sos, sekjen DPC, I Wayan Adnyana, dewan Mukomuko, Wasri dan anggota DPRD Provinsi, Susilowati serta segenap ketua PAC se-kabupaten bersama pengurus dan kader lainnya. Peserta sendiri datang dari berbagai sekolah di Kabupaten Mukomuko yang terdiri dari bidang IPA dan IPS. Menariknya di akhir acara, 5 peserta beruntung mendapat bingkisan menarik dari panitia.
Jalannya acara, sejak Pukul 8.00 WIB gedung serbaguna yang terletak di depan bundaran kota ini mulai ramai didatangi peserta. Mereka yang datang langsung diberi kartu peserta dan mendapat 1 kupon unduk diundi serta diberi snack. Sekitar Pukul 9.30 WIB, anggota dewan Mukomuko dari PDI Perjuangan, Wasri selaku pemandu langsung membuka acara, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya. Selanjutnya sambutan dari ketua DPC dan sekretaris yang langsung membuka secara resmi. Terakhir sambutan dari ketua panitia, Susilowati yang juga adalah anggota DPRD Provinsi. Setelah itu siswa langsung dibagikan soal dan lembar jawaban untuk diisi selama 150 menit. Para peserta tampak semangat dan khusuk mengerjakan soal yang diperkirakan mirip dengan soal yang bakal mereka hadapi saat seleksi berguruan tinggi kelak. Segenap panitia dan pengurus PDI Perjuangan tampak mengawasi jalannya acara. Setelah selesai dilakukan sesi poto bersama dan pencabutan undian untuk 5 peserta beruntung. 
Ketua Panitia, Susilowati pelaksanaan Try Out SBMPTN 2016 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk di Jakarta pelaksanaan Try Out SBMPTN dibuka Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Hj Megawati Soekarno Putri. Ini merupakan progran PDI Perjuangan dalam bidang olahraga dan kepemudaan dalam rangka mempersiapkan anak -anak yang ada khususnya di Babel dan di seluruh Indonesia untuk mengikuti seleksi pada SBMPTN 2016. Ia juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama seluruh DPC dan PAC PDI Perjuangan Mukomuko. Terkhusus untuk mantan dewan dan calon Wagub dari PDI Perjuangan, Mujiono,S.IP ia ucapkan banyak terimakasih atas petunjuk dan bimbingannya.
‘’Try out SBMPTN 2016 ini gratis, dan wujud kepedulian PDI Perjuangan untuk membantu tamatan SMA sederajat yang akan mengikuti SBMPTN,’’ ujarnya didampingi Wasri.
Lanjutnya, lembaran jawaban yang sudah diisi oleh peserta akan dikirim ke DPP PDI Perjuangan untuk diperiksa. Nanti hasilnya akan diumumkan melalui media massa dan situs PDI Perjuangan.
‘’Nanti silahkan cek berapa nilai adek-adek, mudah-mudahan kita dari Mukomuko bisa meraih nilai terbaik dan semuanya lulus,’’ tuturnya.
Ketua DPC PDI Perjuangan Mukomuko Dedy dan sekretarisnya, I Wayan juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia dan pengurus yang sudah bekerjakeras. Terkhusus ungkapan terimakasih kepada peserta yang sudah ikut dalam Try Out ini. Tahun depan acara serupa akan kembali dilaksanakan sebagai wujud keikutsertaaan bidang pemuda dan olah raga PDI Perjuangan untuk membentuk generasi bangsa yang sukses dan cerdas.
‘’Kita mengucapkan terimakasih atas kekompakan teman-teman PDI Perjuangan Mukomuko, terkhusus pada peserta kami juga ucapkan terimakasih, insyaallah untuk siswa kelas I dan kelas 2 SMA saat ini tahun depan juga akan dibekali oleh PDI Perjuangan sebelum tes perguruan tinggi,’’ tutupnya.(jar)

Harga TBS Terus Anjlok
//Jelang Ramadahan, Lebaran dan Ajaran Baru
METRO – Sudah dua minggu harga Tandan buah segar (TBS) kelapa sawit terus anjlok, setelah sebelumnya mengalami tren naik. Kondisi ini tentu membuat petani was-was, karena sesaat lagi akan memasuki bulan Ramadhan, dilanjutkan dengan lebaran dan tahun ajaran baru anak sekolah. Momen-memen ini merupakan saat warga membutuhkan dana besar. Adapun rata-rata harga TBS di pabrik saat ini Rp 1.420 per kilogram (Kg). Padahal sebelumnya harga TBS mencapai Rp 1.580 per kg.
Turunnya harga juga bersamaan dengan berangsur naiknya hasil panen kebun warga, setelah sebelumnya sempat ngetrek hingga 2 kali lipat lebih. Juga harga pabrik sudah berada dibawah harga yang ditetapkan oleh tim penetapan harga TBS Provinsi Bengkulu, sebesar Rp 1.471 per kg.
Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto, SP M.Si didampingi Kasi Perizinan dan Perkebunan, Sudiyanto menyampaikan, sesuai informasi yang disampaikan oleh pihak pabrik pada Jumat (22/5) harga TBS kembali turun. Bahkan penurunan kali ini jauh besar dari harga yang ditetapkan oleh tim penetapan. Sudah dipastikan turunnya harga TBS sangat berpengaruh kepada masyarakat. Apalagi beberapa hari lagi masyarakat memasuki bulan suci Ramadhan. Jelas mereka bakal membutuhkan uang yang berlebih dari sebelumnya untuk menjalani puasa. Sebab biasanya saat memasuki puasa, harga kebutuhan rumah tangga meningkat, jenisnya juga bertambah.
‘’Beberapa pabrik yang ada di Mukomuko kembali menurunkan harga, bahkan sudah beberapa kali. Kali ini mereka menurunkan dibawah harga yang ditetapkan oleh tim,’’tuturnya.
Lanjutnya, ia juga mengakui harga TBS berlawanan dengan hasil produksi kebun masyarakat. Dimana pada saat harga naik beberapa waktu lalu, buah sawit malah mengalami penurunan alias ngetrek. Sebaliknya saat hasil panen membaik, harga mendadak berangsur turun. Mudah-mudahan saja harga tidak jatuh dibawah Rp 1.000 ditingkat petani seperti sebelumnya.
‘’Memang kondisinya demikian, saat harga naik, hasil panen sedikit. Selanjutnya harga turun, buah sawit masyarakat mulai naik,’’ paparnya.
Adapun harga TBS dipabrik yang terpantau yaitu, di pabrik PT. Sapta Rp 1.420/Kg, PT. KSM Rp 1.420/Kg, PT. MIl Rp 1.440/Kg, PT. AMK Rp 1.455/Kg, PT. DDP Ipuh dan Bento Rp 1.470/Kg dan pabrik S3 Rp 1.440/Kg. Harga terendah ditetapkan tim 1.270/Kg, tertinggi Rp 1.471/Kg dan di pabrik Rp 1.471/Kg.
‘’Semua pabrik yang memberikan informasi menetapkan harga TBS dibawah harga yang ditetapkan oleh tim. Adapun penyebab turunnya harga TBS ini tidak bisa kita pastikan,’’tutup Sudiyanto.(dom)